Mengenal Perbedaan Kecerdasan Buatan dan Pemrograman Konvensional


(Aroundinformatics) : Erat kaitannya kecerdasan buatan dengan ilmu komputer yang salah satunya lagi erat kaitannya dengan teknik pemrograman. Ternyata antara dua hal ini (Kecerdasan buatan dan pemrograman konvensional). Hal yang paling mencolok adalah fungsinya :
•    Pemrograman konvensional lebih difokuskan kepada alat hitung saja.
•    Kecerdasan lebih difokuskan kepada penyelesaian suatu masalah.
Selain dari hal itu, ada banyak perbedaan kecerdasan buatan dan Pemrograman Konvensional yang lain yaitu :


Dimensi Kecerdasan Buatan Pemrograman Konvensional
Pemrosesan Membangun konsep-konsep simbolik Algoritmik
Sifat input Bisa tidak lengkap Harus lengkap
Pencarian Kebanyakan bersifat heuristik Biasanya didasarkan pada algoritma
Keterangan Disediakan Biasanya tidak disediakan
Fokus Pengetahuan Data dan Informasi
Struktur Kontrol dipisahkan dari pengetahuan Kontrol terintegrasi dengan informasi (data)
Sifat Output Kuantitatif Kualitatif
Pemeliharaan dan Update Relatif Mudah Sulit
Kemampuan Menalar Ya Tidak



Keterangan :

Simbolik :
Sifat penting dari AI adalah bahwa AI merupakan bagian dari ilmu komputer yang melakukan proses secara simbolik dan non- algoritmik dalam penyelesain masalah.

Algoritmik :
Notasi algoritmik merupakan standard yang dipakai dalam menuliskan teks algoritma. Dalam hal ini algoritma dan program dibedakan.

Heuristik :
Heuristik adalah seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan. Kata ini berasal dari akar yang sama dalam bahasa Yunani dengan kata "eureka", berarti 'untuk menemukan'. Heuristik yang berkaitan dengan pemecahan masalah adalah cara menujukan pemikiran seseorang dalam melakukan proses pemecahan sampai masalah tersebut berhasil dipecahkan. Ini berbeda dari algoritma di mana hanya digunakan sebagai peraturan atau garis pedoman, bertentangan dengan prosedur invarian.

Heuristik mungkin tidak selalu mencapai hasil yang diinginkan atau memecahkan masalah atau mungin justru menimbulkan masalah baru untuk dipecahkan, tetapi proses heuristik ini dapat teramat berharga pada proses berpikir seseorang di mana pada proses pemecahan masalah banyak menuntut pemikiran relasional antar komponen yang membentuk masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas pemikiran yang lebih tinggi. Heuristik yang baik secara dramatis bisa mengurangi waktu yang diharuskan memecahkan masalah dengan menghapuskan keperluan untuk mempertimbangkan kemungkinan atau relasi antar komponen pembentuk masalah yang mungkin tidak relevan digunakan. 

Algoritma :
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Program adalah serangkaian instruksi berurutan yang dituliskan dalam bentuk bahasa pemrograman agar dapat dimengerti dan dieksekusi oleh komputer.
Kualitatif :
data informasi yang berbentuk kalimat verbal bukan berupa simbol angka atau bilangan. Data kualitatif didapat melalui suatu proses menggunakan teknik analisis mendalam dan tidak bisa diperoleh secara langsung. Dengan kata lain untuk mendapatkan data kualitatif lebih banyak membutuhkan waktu dan sulit dikerjakan karena harus melakukan wawancara, observasi, diskusi atau pengamatan.

Kuantitatif :
data informasi yang berupa simbol angka atau bilangan. Berdasarkan simbol-simbol angka tersebut, perhitungan secara kuantitatif dapat dilakukan untuk menghasilkan suatu kesimpulan yang berlaku umum di dalam suatu parameter. Nilai data bisa berubah-ubah atau bersifat variatif. Proses pengumpulan data kuantitatif  tidak membutuhkan banyak waktu dan sangat mudah dilakukan. 

Komentar

Posting Komentar