Beda Kecerdasan Buatan dan Kecerdasan Alami

http://cdn.makeuseof.com/wp-content/uploads/2015/02/robot-job-takeover-robot-human-mind.png?x92042
Ketika disuruh adu cepat menghitung antara kita dan kalkulator siapa yang akan menang ?. Sebagian besar pasti menjawab kalkulator. Tetapi ketika disuruh untuk membuat sebuah gambar antara kita dengan komputer siapa yang akan menang ?. Setahu saya komputer tidak bisa menggambar. Jadi apa saja kelebihan dan kekurangan komputer dibanding kita dalam hal kecerdasan.

Keuntungan kecerdasan buatan

  1. Lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami bisa berubah karena sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan buatan tidak berubah  karena tidak akan pernah berubah selama program tidak diubah oleh programmer.
  2. Lebih mudah diduplikasi dan disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari 1 orang ke orang lain membutuhkan proses yang sangat lama dan keahlian tidak pernah dapat diduplikasi dengan lengkap. Lain halnya ketika pengetahuan tersebut terletak pada suatu sistem komputer, pengetahuan tersebut dapat disalin dari komputer tersebut dan dapat dipindahkan dengan mudah ke komputer yang lain.
  3. Lebih murah. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah dan murah dibandingkan mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama.
  4. Bersifat konsisten dan teliti karena kecerdasan buatan adalah bagian dari teknologi komputer sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah.
  5. Dapat didokumentasi. Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasikan dengan mudah dengan cara melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Simpelnya karena disimpan dalam hard disk (atau media penyimpanan data yang lain) dan pencairan datanya lebih mudah dilacak.
  6. Dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat karena kecepatan prosesor jauh lebih cepat dibanding otak manusia.
  7. Dapat mengerjakan pekerjaan dengan lebih baik.

Keuntungan Kecerdasan Alami

  1. Lebih kreatif, karena manusia memiliki kemampuan untuk menambah pengetahuan, sedangkan pada kecerdasan buatan untuk menambah pengetahuan harus dilakukan melalui sistem yang dibangun.
  2. Memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman atau pembelajaran secara langsung. Sedangkan pada kecerdasan buatan harus mendapat masukan berupa input-input simbolik.
  3. Pemikiran lebih luas dibandingkan kecerdasan buatan yang terbatas.

Komentar